Selasa, 29 November 2011

TEORI AKSLERASI INTERNET

Ada satu teori fisika yang menarik untuk dibahas, yakni akselerasi. Akselerasi atau percepatan dalam definisi sederhana diartikan sebagai perubahan kecepatan atau bertambahnya kecepatan.

Kecepatan merupakan tolak ukur untuk sebuah langkah, maka akselerasi dibutuhkan agar kuota waktu bisa dimaksimalkan, atau menyisakan waktu lebih untuk kebutuhan langkah lain. Baiklah mari kita sederhanakan.
Bagaimana kalau efek internet dalam kehidupan saya deskripsikan layaknya teori akselerasi tersebut?

Kalau kita urai, akselerasi atau percepatan ini akan bercabang. Akselerasi secara general masih bersifat abigu bahkan relatif, masih bias, masih samar. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan sebuah akselerasi, Anda mesti memutuskan apakah Anda termasuk ke dalam goolongan berikut ini:

1.Deras

Secara harfiah deras berarti berjalan dengan sangat cepat. Namun ada makna pragmatis yang terkuak di dalamnya. Deras selalu dikaitkan dengan aliran air. Duduklah di tepi sungai dan perhatikanlah aliran air yang mengalir deras, menghantam bebatuan, menghanyutkan mineral-mineral, bakteri-bakteri, oksigen, ikan yang mencoba melawan arus, limbah-limbah, zat-zat kimia dan jutaan atom. Apakah percepatan yang diakibatkan oleh kinerja internet membuatmu seperti aliran air sungai yang deras? Sangat cepat, keras menghantam batu-batu sungai, tapi justru menghanyutkan.

2.Buru-buru

Penafsiran kedua adalah buru-buru atau terburu-buru. Kata ini lekat pemaknaannya dengan aktivitas mengejar. Kemudian, ketika Anda memutuskan menafsirkan akselerasi internet untuk sebuah arti terburu-buru, apakah internet betul-betul membuat Anda XLlangkah lebih maju? Sementara Dikejar deadline, tergesa-gesa, dihantui rasa pesimis, meski mampu melakukannya dalam waktu singkat, tapi justru tidak akan menuai hasil maksimal, seperti mengukir di atas air, begitu cepat terukir tapi sama sekali tidak membekas.

3. Lekas

Apakah akselerasi internet membuatmu XLlangkah lebih maju dengan penafsiran lekas?
Secara harfiah, lekas berarti segera. Segera menuntut kecepatan yang tidak bisa diukur, bahkan itu masih bersifat harapan. "Semoga Anda lekas sembuh." Hanya sebuah pengharapan, disegerakan, tanpa jelas kapan akan bisa tercapai, tidak ada target waktu. Rasanya ini belum cukup membuat hidup XLlangkah lebih maju, karena kadar lekas masing-masing orang pastinya berbeda. Siapa tahu saja kadar lekas Anda jauh lebih rendah.

4. Cekatan

Cekatan adalah cepat mengerti, cerdik, siap menghadapi masalah. Penafsiran ini sepertinya lebih baik. Dalam proses akselerasi bukan hanya kecepatan yang dituntut maksimal, tapi juga persiapan akan kendala-kendala, batu sandungan yang tiba-tiba muncul, dan pemahaman. Tapi internet belum membuat saya XLlangkah lebih maju dalam penafsiran ini. Karena kadar akselerasi cekatan masih belum terlalu sempurna, masih banyak yang lebih cekatan, dan kemahirannya tidak mungkin pada semua aspek.

5. Pesat

Cepat sekali, meluncur dengan cepat, berkembang dengan cepat. Beginilah internet membuat hidup saya XLangkah lebih maju. Bukan semata kecepatan, kemudian penambahan kecepatan, mengejar deadline, mengatasi kesulitan di tengah perjalanan, menyegerakan, atau cepat dalam pemahaman. Semua definisi akselerasi itu belum menunjukkan perkembangan luar biasa, hanya perkembangan dalam hal waktu penanganannya. Ini berbeda dengan kata "pesat" yang memungkinkan sesuatu berjalan dengan sangat cepat dan berkembang dengan sangat cepat pula.

Sederhana, dari kelima penafsiran akselerasi itu, saya berhenti di kata "pesat" bahwa internet telah membuat saya menjadi XLangkah lebih maju.

3 komentar:

Riqo ZHI mengatakan...

Akselerasi dan inovasi yang membuat orang bisa XLangkah Lebih Maju, mari berakselerasi dan berinovasi! Mantap artikelnya, moga sukses!

Mushdiqah el Drida mengatakan...

ya..ya..ya.. saya akui internet memang membuat kita XLangkah lebihmaju ^^

auraman mengatakan...

haha meskipun terkesan maksa tapi kau bisa mengolahnya mas fadhli :D

Chat Room Bloofers