Jumat, 31 Desember 2010

TITIK TERPENTING WAKTU

Entah energi apa yang tersimpan dalam 1-1-2011 ini. Saya tidak merayakan kedatangannya seperti orang-orang lain. Tapi, ada kekuatan yang menggerakkan jari-jari saya untuk menulis, seolah menulis sesuatu di tanggal ini adalah momentum yang tidak bisa dilewatkan.

Apa makna di balik waktu? Apakah perjalanannya hanya penting pada titik tertentu? Kita merayakan pergantian tahun, sama saja merayakan perjalanan waktu pada titik itu. Tapi kenapa hanya pada titik itu? Kenapa hanya pada titik-titik tertentu lainnya? Kenapa perjalanan waktu, perpindahannya yang terus menerus dan tidak pernah mengalami akselerasi hanya menarik perhatian manusia pada titik-titik tertentu?

Pergantian tahun sama sekali tidak mengganti peranan waktu, juga tidak menghilangkan esensinya, apalagi menghentikan perjalanannya, kenapa mesti dirayakan?

Apakah pencapaian manusia itu bergantung pada titik-titik tertentu dari waktu itu? Ataukah waktu itu hanya penting pada titik-titik tertentu?

Jika betul seperti itu, berarti selama ini perjalanan waktu dari detik ke detik, menit, ke menit, jam ke jam, hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, tahun ke tahun, dan abad ke abad, sama sekali tidak ada artinya. Perjalanan waktu sehari-hari yang membentuk angka yang semakin besar sama sekali tidak ada artinya. "Bagaimana dengan kemarin ketika kau hanya tidur seharian, melupakan kewajiban, mengabaikan keharusan, apakah karena waktu pada titik itu tidak penting bagimu?"

"Toh, ada pencapaian yang menunggu kita di titik itu, titik yang membuat waktu istimewa dan patut untuk dirayakan."

Maka,kita menginginkan pencapaian, dan mengabaikan perjalanan menuju pencapaian itu. Seperti kita yang merayakan tahun baru, kemudian melupakan waktu-waktu yang selalu penting untuk dihargai jauh sebelumnya dan entah setelahnya.

8 komentar:

* dimasady * mengatakan...

tapi kayaknya postingannya masih tgl 31 (Jumat, 31 Desember 2010.lih atas), he...
*yup, prosesnyalah yang perlu dilihat, sudah bersungguh2 kah? jangan berhura sebelum kemenangan,
(tersenyumlah saat tugas telah selesai)

Lozz Akbar mengatakan...

semoga kita bisa memanfaatkan deti, menit dan jam yang akan diberikan Tuhan di 2011 ini dengan sesuatu yang bermanfaat

BLACKBOX mengatakan...

gak tau nih, padahal saya nulisnya tanggal 1 Januari. thx for comments mas dimas dan Lozz Akbar

Qefy mengatakan...

Aduhai romantis sekali menunggu detik2 perpindahan tahun. Saya malah tidur lho, hehe. Saya rencananya mendaki gunung tapi sangat sedih tidak jadi. :( akhirnya saya malas keluar dan menunggu detik2 itu. :D

BLACKBOX mengatakan...

Hahaha.....itu malah rencana saya yg gagal mas qefy, pengen tidurdi tahun baru, tiba2x temen ngajakin online gara2x gak bisa tidur, jadilah kami tahun baruan di dunia maya

dhe_bie mengatakan...

ada banyak titik penting dalam hidup, dan meskipun kau tak begitu menganggap pergantian tahun sebagai salah satu titik terpenting waktu yang harus kau rayakan, setidaknya kau sudah membuat kenangan dengan tulisan ini atas titik awal kau memulai perjalan panjangmu di tahun 2011.. :)

BLACKBOX mengatakan...

for dhe : Semoga titik terpenting itu adalah titik-titik di setiap detiknya, karena perjalanan sejati menghargai proses, semoga tujuan sejalan dengan niat

dhe_bie mengatakan...

yah bener, semua butuh proses, apapun bentuk perjalannya.. dan ketika hasil dari proses tersebut tak sesuai dengan niat, berusahalah untuk berdamai dengan hati dan diri sendiri..

Chat Room Bloofers